Skip to main content
x

Membership Audit & Risk Management Committee

Wika Logo Innovation and Trust

 

Perseroan memiliki komitmen untuk selalu menerapkan standar tata kelola yang terbaik dengan selalu berusaha menerapkannya melalui berbagai usaha perbaikan dan peningkatan, serta merujuk pada standar minimal maupun rekomendasi yang harus dipenuhi.

Perseroan senantiasa tunduk dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan yang berlaku. Sebagai perusahaan publik, Perseroan juga memenuhi arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pelaksanaan Road Map GCG dan best practices pelaksanaan tata kelola yang berlaku universal.

Sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan Peraturan Meneteri BUMN No. PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, PT Wijaya Karya Beton Tbk sebagai anak Perusahaan BUMN wajib untuk melakukan pengukuran terhadap penerapan GCG, melalui penilaian (assessment). Dari tahun ke tahun, hasil assesment GCG Perseroan mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas implementasi GCG semakin baik.

Pelaksanaan Penerapan Tata Kelola Perusahaan/ assessment GCG dilakukan secara berkala oleh Perseroan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh assessor eksternal, dengan diselingi oleh self assessment yang dilakukan oleh assessor internal Perseroan setiap tahun berikutnya.

Pada tahun 2016, pelaksanaan assessment GCG Perseroan menunjukkan hasil dengan predikat “sangat baik”, mencakup 6 (enam) aspek yang diukur yaitu Komitmen Terhadap Penerapan Tata kelola Secara Berkelanjutan, Pemegang Saham dan RUPS/ Pemilik Modal, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, Direksi, Pengungkapan Informasi dan Transparansi dan aspek lainnya, dengan capaian skor sebesar 87,16.

Pada tahun 2016, Perseroan masuk kategori 50 perusahaan terbaik di Indonesia dalam penerapan GCG berdasarkan standar ASEAN Scorecard.