Skip to main content
x

WIKA Beton Tbk. Produksi Box Girder Untuk Proyek Jalan Layang Kereta Api Medan – Kualanamu

Medan, 1 Maret 2016 – PT Wijaya Karya Beton Tbk. memproduksi beton pracetak box girder untuk digunakan pada proyek jalan layang kereta api Medan – Kualanamu di pabrik milik WIKA Beton Tbk. di Tembung.

WIKA Beton Tbk. yang memiliki ticker WTON di pasar saham, memproduksi beton pracetak box girder sebanyak 3.240 segmen untuk pembangunan jalan layang (elevated) jalur kereta api Medan - Kualanamu sepanjang 8 km. Selain box girder, WIKA Beton Tbk. sebelumnya juga telah mensupply produk beton pracetak seperti bantalan jalan rel, u-ditch, dan lainnya di wilayah Sumatera Utara. Kontrak yang diperoleh WIKA Beton Tbk. pada proyek tersebut sekitar Rp 500 miliar yang telah ditandatangani bersama kontraktor pada bulan Desember 2015. Produk box girder ini merupakan karya inovasi anak bangsa, dimana desain hingga produksinya dilakukan sepenuhnya oleh WIKA Beton Tbk.

Pembangunan elevated kereta api Medan-Kualanamu ini akan dikerjakan selama 2 tahun dan ditargetkan selesai pada Desember 2017. Jalan kereta api layang (elevated) yang akan dibangun ini nantinya dapat mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini semakin padat dengan meningkatnya lalu lintas kereta api di kota Medan dan sekitarnya.

Selain proyek tersebut, WIKA Beton Tbk. masih mensasar beberapa proyek di wilayah Sumatera Utara, diantaranya proyek pembangunan jalan tol, infrastruktur perkeretaapian dan proyek infrastruktur lainnya.

Beberapa proyek lainnya yang saat ini dikerjakan oleh WIKA Beton Tbk. sebagai berikut :

  1. Proyek pengadaan tiang listrik beton di wilayah Bangka dan Belitung
  2. Pembangunan gedung RS St. Carolus di Jakarta
  3. Pembangunan Pabrik Biodiesel & Glyserine Plant di Kalimantan
  4. Proyek Turap Kali di Wonokromo, di Surabaya
  5. Pembangunan jalan tol Soreang – Pasir Koja, di Jawa Barat

Sekilas Tentang PT WIKA Beton Tbk

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton Tbk.) didirikan sebagai salah satu anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya (Persero)Tbk pada tahun 1997 dengan visi untuk menjadi perusahaan terkemuka di industri produk beton pracetak.  Saat ini WIKA Beton Tbk dengan kapasitas produksi sebanyak 2,5 juta ton per tahun merupakan produsen beton pracetak terbesar di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara.  Keunggulan lain dari WIKA Beton Tbk adalah telah memiliki 10 (sepuluh) pabrik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang pertumbuhan industri konstruksinya tinggi dan menerapkan pola Precast Engineering-Production-Installation (EPI).  WIKA Beton Tbk telah memiliki 3 (tiga) anak usaha yakni PT Wijaya Karya Komponen Beton (WIKA KOBE) pada tahun 2012, PT Wijaya Karya Krakatau Beton pada akhir tahun 2013, dan PT Citra Lautan Teduh pada September 2014.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi:

Puji Haryadi – Corporate Secretary
PT  Wijaya Karya Beton Tbk. Tel: (62-21) 8497 3363; Fax : (62-21) 8497 3391, Email: sekper@wika-beton.co.id
Website: www.wikabeton.co.id