Articles

Annual Report dan Sustainability Report, Dua Kewajiban Perusahaan Publik

 

Sebagai perusahaan publik atau perusahaan terbuka, WIKA Beton memiliki kewajiban untuk mempersiapkan Laporan Tahunan atau Annual Report dan Laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report. Kedua laporan ini akan dipertanggungjawabkan pada pemegang saham WIKA Beton. Berikut adalah penjelasan mengenai Annual Report dan Sustainability Report.   

Sustainability Report 

Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan laporan yang berisi informasi kinerja perusahaan pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial yang dilakukan dalam periode satu  tahun. Selain untuk pemegang saham, laporan ini juga ditujukan pada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang disampaikan secara transparan. Penyusunan Laporan Keberlanjutan ini juga bertujuan untuk mengkomunikasikan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Sustainability Report juga dapat memberikan gambaran yang lebih luas dan terbuka pada seluruh pemangku kepentingan tentang kegiatan pembangunan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh perusahaan. 




Annual Report

Laporan Tahunan atau Annual Report merupakan laporan pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Komisaris perusahaan dalam melakukan pengurusan serta pengawasan terhadap Emiten atau Perusahaan Publik dalam kurun waktu satu tahun tutup buku. Annual Report juga dilaporan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang disusun berdasarkan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Annual Report ini berisi tentang tata kelola perusahaan, laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit, serta tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Annual Report juga memuat prestasi yang diraih perusahaan serta inovasi yang dilakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Biasanya, Sustainability Report  dan Annual Report disusun dalam waktu yang bersamaan, meski nantinya disajikan dalam dua laporan yang terpisah. Sustainability Report dan Annual Report WIKA Beton dapat diunduh di website resmi WIKA Beton.

« Artikel