Articles

Box Culvert Underpass Tol Desari – Cara WIKA Beton Meringkas Waktu Pembangunan

Salah satu inovasi yang dilakukan WIKA Beton dalam proyek pembangunan Tol Depok – Antasari (Tol Desari) adalah dengan penggunaan Box Culvert. Dalam proyek pembangunan tol yang menghubungkan Jakarta Selatan menuju Depok ini, Box Culvert digunakan pada struktur underpass. Penggunaan Box Culvert memiliki manfaat yaitu dapat waktu pembangunan. Pemanfaatan komponen ini merupakan inovasi tersendiri karena umumnya Box Culvert digunakan pada proyek-proyek drainase. 

Box Culvert adalah produk beton pracetak persegi panjang dengan rongga besar di tengahnya yang biasa digunakan sebagai komponen drainase. Pada proyek pembangunan Tol Desari ini, Box Culvert digunakan pada bagian underpass untuk lalu-lintas kendaraan.      Total Panjang Box Culvert yang digunakan pada underpass Tol Desari ini kurang lebih 62.5 meter.

Penggunaan Box Culvert mampu menyingkat waktu pada proses pembangunan

Kualitas produk Box Culvert yang dihasilkan telah terjamin karena sudah melalui tahap uji coba di pabrik sebelum didistribusikan ke lokasi proyek. Selain itu, keuntungan lain dari penggunaan produk Box Culvert adalah waktu pengerjaan pembangunan lintasan jalan menjadi lebih singkat dibanding metode konvensional. Hal ini disebabkan karena pekerjaan pengecoran di lapangan dipindahkan ke pabrik dan secara bersamaan persiapan lahan proyek dapat dilakukan. Box Culvert yang digunakan pada proyek Tol Desari merupakan hasil produksi dari Pabrik Produk Beton (PPB) Karawang, Jawa Barat.

Inovasi Box Culvert tersebut merupakan bagian dari komitmen dari WIKA Beton sebagai #ConcretExpert di Indonesia, untuk membangun fasilitas umum guna memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia. 

« Artikel