Articles

Furnitur yang Dapat Dibuat dari Bahan Beton

 

Komponen beton umumnya digunakan sebagai bahan bangunan sebuah gedung atau fasilitas umum seperti jalan tol atau jembatan. Beberapa waktu ini, beton juga digunakan sebagai bahan bangunan untuk model rumah tahan gempa seperti Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Pracetak inovasi WIKA Beton yang bernama RWB 01. Ternyata, selain digunakan sebagai dasar bahan bangunan gedung, beton juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat furniture. 

Perkembangan inovasi beton tidak hanya hasilkan variasi jenis, tetapi juga variasi kegunaan produk

Munculnya berbagai variasi jenis beton memang akhir-akhir ini menjadi primadona. Salah satu variasi jenis beton yang cukup populer saat ini adalah beton ready.. Selain adanya variasi jenis, beton juga memiliki variasi dari sisi kegunaan produk. Variasi kegunaan produk yang dimaksud salah satunya adalah sebagai furniture berbahan beton yang kini diminati masyarakat urban. Berikut beberapa macam furniture yang dapat dibuat dari bahan baku beton: 

1. Meja

Sempitnya lahan untuk tempat tinggal membuat sebagian masyarakat harus pandai mengatur penataan furniture di dalam rumah, salah satunya meja. Sebagai furniture yang dinilai “memakan” ruangan, beberapa arsitek dan desainer interior  melakukan inovasi dengan membuat meja berbahan beton untuk ruang makan. Tren meja beton ini dibuat langsung menempel pada dinding dekat dapur kemudian dilengkapi dengan kursi makan. Selain hemat ruangan, meja yang langsung menempel pada dinding ini juga dinilai lebih awet dan memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan meja dari kayu atau bahan lainnya. Model meja seperti ini sedang menjadi tren ruang makan untuk rumah minimalis. 

2. Kursi

Tidak hanya meja, kini juga sudah banyak kursi yang dibuat dari bahan beton. Seperti halnya meja, pilihan kursi beton juga disukai masyarakat urban atau yang tinggal di kota – kota besar. Kursi yang dibuat dari bahan beton ini biasanya memiliki tulangan di dalamnya agar lebih kuat menopang beban berat dan lebih awet dalam sisi masa pemakaian. Beberapa kursi dari beton tulang ini memang memiliki bentuk yang tidak lazim, namun hal tersebut justru menjadi sisi menarik yang dimiliki furniture ini. 

3. Sofa

Selain meja dan kursi, ternyata sofa  juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan baku beton. Sofa yang dibuat dari bahan beton biasanya terdiri dari dua bagian yang terpisah, yaitu rangka luar dan bantalan. Bagian rangka luar inilah yang terbuat dari beton, sehingga lebih stabil dan tidak mudah bergeser. Sementara pada bagian bantalan, biasanya terbuat dari kulit maupun lateks sintetis yang berisi busa sehingga tetap nyaman dan empuk saat diduduki.

Berbagai furniture seperti meja, kursi dan sofa yang terbuat dari bahan beton ini bisa menjadi alternatif dalam memilih perabotan rumah tangga. Selain modelnya yang cocok untuk desain industrialis dan minimalis, furniture berbahan beton tentunya lebih ekonomis dan tahan lama. 



« Artikel