Articles

Kesiapan WIKA Beton dalam Menghadapi Era Construction 4.0

Era Industri 4.0 tengah berlangsung di seluruh dunia. Para pelaku bisnis dan seluruh lapisan masyarakat berbondong-bondong menyesuaikan diri agar tidak tenggelam dan mampu bersaing di dalamnya; tidak  terkecuali WIKA Beton. Sebagai #ConcretExpert di Indonesia, WIKA Beton juga sudah memulai langkah besar agar bisa terus bersaing di Era Industri 4.0 bidang Konstruksi atau yang kini dikenal dengan Construction 4.0.

Transformasi digital yang ada pada Era Construction 4.0 membuat WIKA Beton semakin dekat dengan milenial

Salah satu hal yang cukup berkembang pesat di Era Industri 4.0 adalah komunikasi digital, tidak terkecuali untuk industri bidang konstruksi. Untuk itu, WIKA Beton sudah mulai melakukan langkah besar dengan semakin dekat dengan para milenial. Salah satu bukti nyatanya adalah penggunaan media sosial untuk menyalurkan informasi seputar industri beton. Berbagai lini media sosial pun kini telah dimiliki dan dikelola dengan baik oleh WIKA Beton. Tidak  ketinggalan, WIKA Beton juga memiliki lini informasi yang lebih lengkap melalui website yang dapat diakses sewaktu-waktu oleh para milenial. Dengan langkah besar ini, tidak  heran jika pada tahun 2018 tercatat sebanyak 60% dari karyawan di WIKA Beton merupakan generasi milenial.

Presiden Direktur WIKA Beton menambahkan bahwa cara merespons perubahan kelak akan menentukan wajah industri konstruksi ke depannya. Inilah yang tengah dilakukan WIKA Beton  

Transformasi digital memang tidak bisa dielakkan selama Era Industri 4.0 ini, termasuk untuk bidang konstruksi. Direktur Utama WIKA Beton, Hadian Pramudita, berpesan bahwa apa yang WIKA Beton lakukan sekarang kelak akan menentukan wajah industri konstruksi ke depannya.

Hal inilah yang sudah dilakukan WIKA Beton. Selain membangun kedekatan dengan generasi  milenial, WIKA Beton juga aktif berpartisipasi dalam berbagai konferensi. Contohnya seperti Indonesia Construction Conference on Construction 4.0 : The Wake Up Call in Construction Industry yang digelar pada April 2019 yang lalu.

Yang terbaru, WIKA Beton baru saja meluncurkan Electronic Quality Control untuk menghadapi Construction 4.0  

Selain adanya transformasi digital, Era Construction 4.0 juga ditandai dengan penggunaan software dan hardware untuk memonitor progres secara real time. Untuk itu, baru-baru ini WIKA Beton telah meluncurkan Electronic Quality Control atau e-QC di laboratorium perusahaan, pada 29 Maret 2019 yang lalu. Electronic Quality Control tersebut merupakan sebuah aplikasi berbasis web dan android yang mampu menampilkan informasi dan data untuk mengontrol kualitas dari produksi beton pracetak. Aplikasi ini merupakan kerjasama antara WIKA Beton dengan Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu hasil dari program link and match dengan institusi pendidikan.

Mulai dari merespons transformasi digital dengan mendekatkan diri pada generasi millennial hingga implementasi penggunaan software dan hardware untuk meningkatkan produktivitas, inilah bentuk dari kesiapan WIKA Beton dalam menghadapi Construction 4.0. Dengan kesiapan yang sudah digenggam, diharapkan WIKA Beton akan semakin berkembang dalam Era Construction 4.0 guna terus menjadi #ConcretExpert di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

« Artikel