Articles

Kolaborasi LRT Jakarta dan Transjakarta Semakin Mudahkan Harimu

 

Setelah resmi dibuka untuk umum pada Juni 2019 yang lalu, kini Light Rapid Trans (LRT) Jakarta telah terintegrasi dengan halte transjakarta. Jalur LRT yang menghubungkan Kelapa Gading sampai Velodrome Rawamangun ini telah resmi terintegrasi dengan Halte Transjakarta Pemuda dengan tujuan Dukuh Atas, yang dimulai tepatnya pada tanggal 26 Juli 2019 lalu. 

Menurut Iwan Takwim selaku Direktur Proyek LRT Jakarta, masyarakat pengguna LRT saat ini sudah bisa bepergian secara langsung menuju Dukuh Atas. Hal ini karena jalur LRT sudah tersambung ke Transjakarta di Halte Pemuda, dengan menyeberangi jembatan penghubung. Sedangkan untuk jalur sebaliknya, yaitu Halte Dukuh Atas ke LRT, juga sudah tersedia jembatan penghubung atau  skybridge yang pembangunannya telah selesai sejak bulan Juni lalu. Beliau juga menambahkan bahwa jam operasi integrasi antara LRT Jakarta dengan transjakarta tersebut akan berlangsung pada pukul 05.30 sampai 23.00 WIB. 

Untuk stasiun LRT Jakarta sendiri, terdapat 5 unit stasiun layang yang sudah di uji coba dalam rangka integrasi ini. Kelima stasiun layang LRT Jakarta tersebut adalah Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, serta stasiun Velodrome Rawamangun. Sementara itu, stasiun Pegangsaan Dua belum dioperasikan untuk sistem integrasi ini.

Untuk sistem ticketing LRT Jakarta dan transjakarta ini, akan menggunakan kartu single journey. Kartu single journey ini bisa didapatkan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada petugas di peron stasiun. Kartu tersebut sudah bisa melayani pembayaran semua jenis uang elektronik bank yang ada. 

Dengan adanya sistem integrasi antara LRT Jakarta dan Transjakarta ini, diharapkan mampu menjadi  transportasi publik yang nyaman dan memadai, sehingga semakin memudahkan mobilitas masyarakat. Hadirnya kedua moda transportasi  umum ini juga diharapkan dapat membuat penggunaan kendaraan pribadi menjadi menurun, sehingga menjadi salah solusi kemacetan dan mengurangi polusi udara.


« Artikel