Articles

LRT Jakarta: Salah Satu Mega Proyek WIKA Beton yang Mudahkan Mobilitas Masyarakat

 

Selain berkontribusi pada proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Produk WIKA Beton juga digunakan pada proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Kelapa Gading - Velodrome. LRT Jakarta merupakan kereta api ringan yang akan menghubungkan Kawasan Kelapa Gading (Depot Pegangsaan Dua) dengan Velodrome Rawamangun. Pembangunan LRT Jakarta ini merupakan salah satu mega proyek WIKA Beton karena nilai kontrak yang didapat mencapai 1 triliun rupiah. 

Dalam proyek ini, WIKA Beton berperan sebagai penyedia komponen beton pracetak untuk memenuhi kebutuhan Pembangunan Fasilitas Penunjang Aktivitas LRT Jakarta (Viaduct, Jalur, dan Bangunan). Komponen beton pracetak tersebut terdiri dari beberapa jenis, diantaranya Box Girder, Spun Pile, PC I-Girder and PC U-Girder, Precast Concrete Sleepers (Bantalan Jalan Rel), Precast Concrete Bearers (Bantalan Rel Wessel), Traffic Concrete Barrier, serta Ready Mix. Selain menjadi penyedia komponen beton pracetak, WIKA Beton juga menyediakan jasa desain konsep dan instalasi  untuk pekerjaan Viaduct (Box Girder) serta pekerjaan Jalur Kereta (Trackwork dengan Sistem Ballast-less Slab Track).  

Setelah hampir 2 tahun dibangun, LRT Jakarta-Velodrome akhirnya diuji coba pada bulan Juni 2019. Pada saat konferensi pers LRT Jakarta, Kerja Sama Operasi (KSO) antara WIKA Beton dan Emrail mendapatkan Sertifikat Premium Partnership dari Jakarta Propertindo (Jakpro). Dengan sertifikat tersebut, baik WIKA Beton dan juga Emrail diharapkan mampu kembali merebut pasar Trackwork pada proyek perkeretaapian di Indonesia bahkan Asia Tenggara. 

 

 

« Artikel