Articles

Langkah Besar untuk Bumi: Saham WIKA Beton Dinyatakan Ramah Lingkungan

 

Bumi sudah semakin tua. Banyak orang beramai-ramai melakukan aksi untuk membuat bumi tetap terjaga keasriannya,salah satunya dengan aksi ramah lingkungan sepertimengurangi penggunaan kantong dan sedotan plastik, berpartisipasi dalam aksi Hari Bumi, sampai kegiatan ramah lingkungan yang lainnya. 

WIKA Beton merupakan salah satu perusahaan yang ‘ramah lingkungan’. Mengapa?

Dari sekian banyak perusahaan publik yang ada di Indonesia, terdapat 25 perusahaan yang dikategorikan sebagai perusahaan ‘ramah lingkungan’,salah satunya adalah WIKA Beton.  Apa yang telah WIKA Beton lakukan hingga disebut sebagai perusahaan ramah lingkungan?

WIKA Beton dinyatakan memiliki saham yang ramah lingkungan dalam pembaharuan saham yang dilakukan setiap enam bulan sekali, yaitu November 2018 – April 2019 dan Mei 2019 – Oktober 2019. Saham ramah lingkungan memiliki makna bahwa perusahaan tersebut melakukan kinerja yang memuaskan terkait dengan kelestarian alam. Contohnya, WIKA Beton telahmelakukan usaha berkelanjutan, memiliki fundamental ramah terhadap lingkungan yang kuat, tata kelola sosial yang baik serta beberapa kegiatan berwawasan lingkungan lainnya. 

Adanya konsep saham ramah lingkungan ini dicetuskan oleh Yayasan Kehati dan BEI

Ide untuk mengusung konsep tentang saham ramah lingkungan ini pertama kali dicetuskan oleh Yayasan Kehati (Keanekaragaman Hayati Indonesia) dan BEI (Bursa Efek Indonesia). Kerjasama antara Yayasan Kehati dan BEI tersebut membuahkan JKSRI. JKSRI merupakan indeks yang mengusung konsep berkelanjutan pada sebuah perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Kata SRI sendiri merupakan singkatan dari Sustainable and Responsible Investment yang merujuk pada arti dari saham ramah lingkungan tersebut.

Konsep saham ramah lingkungan dalam indeks JKSRI ini memiliki tujuan mulia

Dilansir dari Detik, tujuan diluncurkannya konsep indeks JKSRI adalah untuk menciptakan pedoman investasi tambahan bagi para investor terhadap saham-saham yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dengan adanya label perusahaan dengan saham ramah lingkungan ini, diharapkan aspek-aspek lingkungan hidup mulai diperhatikan investor sebelum berinvestasi.  

WIKA Beton yang terdaftar dalam 25 perusahaan dengan saham ramah lingkungan, menjadi sebuah langkah besar untuk turut menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

« Artikel