Artikel

Mengapa Kita Tidak Boleh Sembarangan Masuk ke Lokasi Proyek?

Lokasi proyek biasanya mudah dikenali. Salah satu ciri yang paling mencolok adalah pagar-pagar tinggi yang mengelilingi serta tulisan dilarang masuk yang dicetak besar. Karena tidak semua orang bebas keluar-masuk, kadang jadi penasaran, seperti apa suasana di dalam sebuah lokasi  proyek? Mengapa warga tidak bisa sembarangan ke lokasi proyek?
 
Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Para Pekerja dan Orang-orang di Sekitar Lokasi  Proyek 
Meski proyek tersebut terkait fasilitas umum seperti jembatan, transportasi publik atau infrastruktur lainnya, tetap tidak bisa setiap orang masuk di dalamnya. Hal itu bukan tidak berdasar, tapi justru dilakukan demi keamanan dan keselamatan para pekerja yang tengah melaksanakan tugasnya dan juga orang-orang di sekitar lokasi proyek  Umumnya, di lingkungan proyek banyak terdapat alat-alat berat serta benda-benda berbahaya . Jika sembarang orang bebas keluar masuk, mereka akan mencoba banyak hal yang dapat membahayakan dirinya sendiri. Jadi demi kebaikan bersama, akses lokasi proyek sangat dibatasi. 
 
Ada Standar Keamanan yang Perlu Ditaati Sebelum Masuk ke Dalam Lokasi
Kalau pun ada beberapa orang eksternal yang diperbolehkan masuk ke lokasi proyek, maka mereka wajib taat aturan yang berlaku. Selain itu, ada beberapa standar keamanan yang perlu ditaati, di antaranya harus mengenakan helm proyek, rompi keselamatan dan sepatu khusus saat meninjau lokasi. Dan satu lagi, setiap pihak eksternal yang masuk ke lokasi proyek wajib didampingi oleh petugas proyek itu sendiri, khususnya QSHE. semua Seluruh aturan dan standar keamanan wajib hukumnya untuk ditaati demi keamanan dan kelancaran pekerjaan proyek.
 
 
Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan Kerja
Seorang pekerja yang sudah mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap pun tetap mempunyai risiko mengalami kecelakaan kerja. Apalagi orang eksternal yang tidak berkepentingan yang keluar masuk lokasi proyek hanya karena ingin menuntaskan rasa ingin tahu saja. Berangkat dari hal tersebut, larangan keluar masuk lokasi proyek mulai gencar diterapkan. Selain meminimalisir kecelakaan kerja, batasan akses ke lokasi proyek juga bisa turut memperlancar proses pembangunan proyek yang sedang berjalan.
 
Ini semua demi keamanan dan kenyamanan kita bersama.
 

 

« Artikel