Articles

Menjadi Concrete Expert Nomer 1 di Asia Tenggara, Ini Resep WIKA Beton untuk Sukses di Bidangnya

Didirikan pada tahun 1997, perlahan tapi pasti WIKA Beton menunjukkan gaungnya di bidang konstruksi. Dalam kurun waktu 22 tahun, WIKA Beton telah memiliki 14  pabrik dan 1 mobile plant yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menerapkan pola Precast Engineering-Production-Installation (EPI). Tak hanya itu, kini WIKA Beton yang awalnya didirikan sebagai anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. pun juga telah memiliki anak perusahaan sendiri yaitu PT Wijaya Karya Komponen Beton (Kobe), PTWijaya Karya Krakatau Beton, PT Citra Lautan Teduh dan 1 perusahaan asosiasi PT Wijaya Karya Pracetak Gedung.

Kesuksesan yang kini digenggam WIKA Beton tidak didapat melalui langkah yang mudah. Apa langkah pencapaiannya?

1. Memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi
WIKA Beton yakin bahwa aset tidak hanya berupa barang, tapi juga tangan-tangan mulia di balik mesin yang mendukung setiap kegiatan. Untuk menjaga aset tersebut, WIKA Beton senantiasa memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi. Salah satunya dengan memberangkatkan umroh pegawai serta penghargaan Employee of the Year yang rutin dilakukan tiap tahunnya.

2. Riset dan inovasi
Tanpa riset dan inovasi, rasanya tidak akan ada WIKA Beton seperti sekarang ini. Dalam kurun waktu 22 tahun ini, tak terhitung jumlah riset serta inovasi yang WIKA Beton lakukan untuk mengukuhkan diri sebagai #ConcretExpert. Salah satu perkembangan terkait riset dan inovasi WIKA Beton adalah peresmian Laboratorium Riset di Bogor untuk menghasilkan produk baru yang efisien dan berdaya saing serta mendukung operasional produksi, instalasi dan pengujian kinerja struktur bangunan. Tidak heran, WIKA Beton  berhasil menyabet penghargaan sebagai “Promising Company in Branding Campaign” di ajang BUMN Marketer Awards tahun 2018 lalu.

3. Perhatian khusus pada SMK3 
SMK3 atau Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja menjadi fokus khusus WIKA Beton. Isu keselamatan kerja di bidang konstruksi akhir-akhir ini cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, WIKA Beton merasa wajib memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja melalui pembentukan biro BQSHE & SM atau Quality, SHE dan Sistem Manajemen.

Memberikan apresiasi kepada karyawan, terus melakukan riset dan inovasi produk, serta memberikan perhatian khusus pada SMK3 merupakan 3 pilar utama WIKA Beton untuk menjadi sukses di bidangnya. Tentu saja untuk ke depannya masih banyak hal yang akan WIKA Beton lakukan dalam komitmennya sebagai #ConcretExpert.

« Artikel