Articles

PPB Boyolali Raih Penghargaan Zero Accident Tahun 2019

 

Tahun 2019, WIKA Beton berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta Zero Accident. Penghargaan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada Manajer Pabrik Produk Beton (PPB) Boyolali Hartanto, tepatnya pada tanggal 29 Januari 2019. Penghargaan tersebut diberikan karena PPB Boyolali telah menjalankan operasional pabrik dengan prinsip SMK3 sesuai perundangan yang berlaku.

Sekilas tentang Penghargaan Zero Accident? 

Penghargaan di bidang K3 ini diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) rutin setiap tahunnya. Tujuan dari penghargaan di bidang K3 ini untuk memberikan motivasi kepada perusahaan, pemerintah daerah, dan pekerja dalam mengimplementasikan sistem K3. Penghargaan ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan program SMK3, penghargaan program pencegahan HIV/AIDS di tempat bekerja dan penghargaan pembina K3 terbaik. Adapun penghargaan Zero Accident ini masuk dalam kategori penghargaan program SMK3.

Zero Accident merupakan keadaan dimana sebuah perusahaan mampu mengurangi terjadinya kecelakaan kerja. Tidak hanya mengurangi, tapi juga mencegah kecelakaan kerja serta menjamin tenaga kerja tersebut mendapatkan perlindungan atas keselamatannya. Menurut Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, penerapan sistem K3 di tempat kerja sangat diperlukan, apalagi di Era Industri 4.0. Adanya pengoperasian alat-alat berat yang akan menimbulkan potensi bahaya baru memerlukan strategi pengendalian agar tidak terjadi kecelakaan di tempat kerja. 

Penghargaan Zero Accident yang didapat ini semakin mengukuhkan posisi WIKA Beton sebagai #ConcretExpert dan pemimpin pasar di industri beton di Indonesia. Artinya, WIKA Beton tidak hanya fokus pada kegiatan produksi saja melainkan juga mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja. Penghargaan Zero Accident tidak hanya didapatkan oleh PPB Boyolali saja, namun sebelumnya di tahun 2018, PPB WIKA Beton di PPB Sumatera Utara dan PPB Pasuruan juga telah mendapatkan penghargaan serupa di bidang K3.

 

« Artikel