Articles

Saham WIKA Beton Dimiliki Siapa Saja?

 WIKA Beton sudah go public dan menawarkan saham perusahaan mereka ke masyarakat dan publik sejak 8 April 2014. Namun, tahukah siapa saja pemegang saham perusahaan beton terbesar di Indonesia ini?

Sesuai Akta  No.44 tentang Komposisi Pemegang Saham Perseroan per 31 Desember 2018, Pemegang Saham emiten dengan kode saham WTON ini adalah :

1. PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.
Dalam komposisi pemegang saham perseroan, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menjadi pemegang saham utama WTON dengan komposisi kepemilikan  sebesar 60% dari keseluruhan saham yang ada. Nggak salah sih kalau persentase saham yang dimiliki besar atau separuh lebih. Soalnya PT. Wijaya Karya (Persero) tbk merupakan induk dari Wika Beton.

2. Koperasi Karya Mitra Satya (KKMS)
Peringkat kedua pemegang saham WTON adalah KKMS atau Koperasi Karya Mitra Satya. Sesuai Akta  No.44 per tanggal 31 Desember 2018, KKMS telah memegang saham WIKA Beton sebesar 6,51%.

3. Yayasan Wijaya Karya
Pemegang saham WTON peringkat ketiga adalah Yayasan Wijaya Karya. Yayasan ini merupakan yayasan yang dimiliki oleh induk perusahaan WIKA Beton, yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.  Saham yang dimiliki oleh Yayasan Wijaya Karya ini sebesar 0,99% dari total keseluruhan saham yang ditawarkan WIKA Beton ke publik.

4. Publik
Sesuai definisi dari perusahan IPO yang menawarkan sahamnya pada masyarakat atau publik , maka salah satu pemegang saham WIKA Beton adalah publik. Publik sendiri memegang saham sebesar 28,17% dengan catatan masing-masing kepemilikan saham di bawah 5%.

« Artikel