Artikel

Sederet Bahaya Jika Bagian-bagian Terkecil Jembatan Hilang

Pernah mendengar kasus hilangnya  bagian-bagian dari sebuah jembatan? Baut, kabel, sampai lampu penerangan merupakan bagian-bagian terkecil dari jembatan yang kerap diambil oleh oknum tidak bertanggung jawab. Apapun alasannya, tindak pengambilan bagian jembatan seperti ini jelas tidak dibenarkan sama sekali  karena selain merugikan,orang-orang sering tidak sadar bahwa ada sederet bahaya yang mengancam kelayakan jembatan.
 
Kalau Baut Hilang, Jembatan Menjadi Tidak Stabil dan Mudah Goyah
Para insinyur pasti punya perhitungan agar jembatan yang dibangun bisa memenuhi standar keamanan. Tapi ketika jembatan sudah jadi dan dibuka untuk umum, seringkali bagian kecil dari jembatan diambil oleh oknum tidak bertanggung jawab. Baut salah satunya. Meski terdengar remeh, tapi mengambil baut jembatan jelas berbahaya sekali karena dapat menyebabkan jembatan menjadi tidak stabil dan mudah goyah.
 
 
Bahaya Mengintai Jika Kabel Sampai Hilang 
Bagian lain yang sering hilang adalah kabel listrik di jembatan. Jika kabel sebagai penyalur daya listrik ini tidak ada, jembatan lantas menjadi gelap gulita dan menyulitkan pengguna melewati jembatan. Saat petugas akan melakukan perbaikan pun akan mereka juga turut mengalami kesulitan  untuk melakukan perbaikan. 
 
 
Selain Kabel, Lampu Penerangan Kadang juga Ikut Menjadi Sasaran 
Selain kabel listrik, lampu penerangan di jembatan juga atribut jembatan yang seringkali menjadi diambil oleh oknum tidak bertanggung jawab . Sudah pasti, kalau jembatan akan menjadi gelap gulita ketika malam hari.  Kondisi yang gelap seperti ini meningkatkan risiko tindak kriminalitas. Kalau sudah seperti ini, lantas siapa yang mau bertanggung jawab?
 
Meski kecil, bagian-bagian dari jembatan adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.  sebab bahaya baik jangka pendek maupun jangka panjang akan siap mengintai jika aksi tidak bertanggungjawab seperti ini tidak  ditangani. Yuk, mulai sekarang lebih mencintai dan merawat fasilitas bersama ini. Jika fasilitas terjaga, kita juga yang merasakan manfaatnya.
 
 

 

« Artikel