Articles

WIKA Beton dalam Pembangunan Infrastruktur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi pilihan moda transportasi baru bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan Jakarta-Bandung atau sebaliknya. Untuk menyediakan sarana transportasi yang semakin efektif, pemerintah dan investor yang tergabung dalam PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah merealisasikan adanya Kereta Cepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bepergian ke rute tersebut.

Sejak proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung direncanakan pada tahun 2015 lalu, WIKA Beton berhasil mendapatkan kontrak untuk menjadi salah satu penyedia beton ready mix untuk pembangunan proyek. Total nilai kontrak selama 3 tahun adalah Rp 2.840 miliar, dengan detail kontrak lama senilai Rp 1.490 miliar dan kontrak baru (per 1 November 2019) adalah Rp 1.350 miliar. 

Kontrak tersebut merupakan salah satu pemicu kenaikan penjualan produk beton yang signifikan di wilayah DKI Jakarta. Hal ini pula yang menjadikan DKI Jakarta sebagai daerah dengan penjualan produk beton tertinggi di Indonesia. 

Rencana pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagian besar akan dibangun elevated dengan total jalur sepanjang 142,30 km. Pada jalur Kereta Cepat tersebut, kapasitas lintas operasi direncanakan mencapai 198 kereta per hari, dengan kecepatan maksimum mencapai 350 km/jam. Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan melewati beberapa stasiun sekaligus di antaranya Stasiun Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Keempat stasiun tersebut juga akan dibangun dengan konsep Transit Oriented Development di masing-masing kawasan.

Penerapan Teknologi Beton Pracetak Full Span Box Girder

Pada acara sharing knowledge dan alih teknologi tanggal 5 dan 11 November 2019, WIKA Beton yang diwakili oleh Bapak Sidiq Purnomo selaku Direktur Teknik dan Pengembangan beserta jajaran tim manajemen, difasilitasi oleh KCIC melakukan kunjungan pabrik. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung serta mempelajari proses produksi full span box girder yang berlokasi di DK-28 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ke depannya, diharapkan WIKA Beton juga dapat turut berpartisipasi untuk memproduksi full span box girder.

Dengan bergabungnya WIKA Beton sebagai penyedia utama beton ready mix dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini, diharapkan proses pembangunan dapat berlangsung optimal dan mampu segera hadir memudahkan hari masyarakat Indonesia.

 

 

« Artikel