Artikel

Dulu Dilapisi Kayu, Kini Rel Kereta Api Sudah Dilapisi Beton. Mengapa?

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Terbukti, transportasi darat yang satu ini selalu ramai apabila sudah masuk musim liburan dan waktunya mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran.

Bantalan Kereta Api Dahulu Terbuat dari Kayu
Sistem pereketaapian Indonesia telah mengenal bantalan rel selama kurang lebih 150 tahun lamanya atau tepatnya saat Indonesia masih menjadi negara jajahan Belanda. Bantalan pada rel kereta api merupakan landasan tempat rel kereta bertumpu. Biasanya bantalan ini diikat oleh penambat rel agar saat dilewati kereta tidak goyah dan lepas.
Jenis bantalan yang pertama kali digunakan pada rel kereta api di Indonesia adalah bantalan dari kayu. Kayu yang dipilih adalah yang memiliki serat yang bagus dan harus lebih elastis dari kayu jati. Kayu dengan serat yang bagus tersebut bisa meredam getaran sehingga laju kereta bisa stabil dan berjalan nyaman. Sayangnya bantalan dari kayu ini punya satu kekurangan, yaitu nggak tahan lama! Apalagi kalau sudah masuk musim penghujan. Harus sering diganti agar kereta api tetap bisa melewati dengan aman dan nyaman.

Setelah Bantalan Kayu, Kini Rel Kereta Api di Indonesia Mulai Menggunakan Bantalan Beton
Setelah ratusan tahun menggunakan bantalan kayu dengan segala keuntungan dan kerugiannya, PT Kereta Api Indonesia memutuskan untuk mengganti jenis bantalannya, karena kayu yang memiliki serat yang bagus dan elastis sudah mulai susah dicari. Pun dengan menggunakan bantalan kayu, akan semakin banyak pohon yang ditebangi. Nah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan bantalan yang terbuat dari beton.

Beberapa ahli mengatakan bahwa beton memiliki sifat-sifat yang lebih unggul dari kayu. Di antaranya adalah beton mampu bertahan dari segala cuaca, baik panas maupun dinginnya udara. Selain itu beton juga bisa bertahan selama 20 tahun lamanya serta lebih kuat menahan beban kereta. Sampai saat ini, WIKA Beton merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan bantalan beton untuk rel kereta api di Indonesia. Nggak hanya itu, beberapa waktu lalu, bantalan beton untuk rel kereta api milik WIKA Beton juga sudah diekspor ke mancanegara seperti Filipina. Jadi makin banyak yang bisa menikmati perjalanan naik kereta dengan aman dan nyaman.

« Artikel